CARI BERKAH KLIK DI SINI

18 April 2011

Jakarta Tetap Kondusif

Minggu,

17 April 2011

PENDOPO INDRAMAYU ONLINE

Jakarta Tetap Kondusif

JAKARTA, PENDOPO INDRAMAYU ONLINE - Aktivitas warga Jakarta dan sekitarnya hingga Sabtu (16/4) berlangsung normal. Kegiatan di tempat umum, seperti di Blok M, Tanah Abang, dan sejumlah kantor pemerintahan, tak terpengaruh peristiwa bom bunuh diri yang terjadi pada Jumat di Kota Cirebon, Jawa Barat.

Meski demikian, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta dan Kepolisian Daerah Metro Jaya mengimbau warga tetap waspada. ”Jangan panik. Pemerintah dan polisi sudah meningkatkan keamanan jauh-jauh hari sebelum bom Cirebon,” kata Kepala Bidang Informasi Publik Dinas Komunikasi, Informatika, dan Kehumasan Pemprov DKI Jakarta Cucu Ahmad Kurnia, Sabtu.

Pada pertengahan Maret lalu, Jakarta juga dihebohkan oleh adanya pengiriman bom buku. Bom itu dialamatkan kepada mantan Koordinator Jaringan Islam Liberal Ulil Abshar Abdalla, Kepala Badan Narkotika Nasional Komisaris Jenderal Gories Mere, Ketua Pemuda Pancasila Yapto S Soerjosoemarno, dan musisi Ahmad Dhani. Selain itu, sebuah paket bom juga ditemukan di tepi Jalan Bulevard, Perumahan Kota Wisata, Kecamatan Gunung Putri, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Menurut Cucu, setelah adanya pengiriman bom buku pada pertengahan Maret itu, para camat hingga ketua RT/RW dituntut untuk makin mengenal wilayahnya. Komunikasi antarpemimpin wilayah juga ditingkatkan.

Pengamanan diperketat

Menurut keterangan Kepala Bagian Operasional Polda Metro Jaya Komisaris Besar Sujarno, pengamanan markas Polri, polda, polres, hingga polsek dan pospol juga diperketat. ”Sistem pengamanan itu biasanya sudah diterapkan, tetapi makin ditingkatkan pascabom Cirebon,” kata Sujarno.

Setiap orang yang memasuki kompleks Markas Polres Jakarta Selatan harus menunjukkan kartu identitas dan menyebutkan keperluan kedatangan. Mobil sampai tas pengunjung yang masuk diperiksa dengan teliti. ”Pemeriksaan dilakukan lebih mendetail,” kata Kepala Bagian Humas Polres Metro Jakarta Selatan Ajun Komisaris Aswin.

Sejumlah markas polres di sekitar Jakarta juga memperketat keamanan. Pintu masuk kawasan Kantor Polrestro Tangerang Kota, misalnya, telah dipasangi kamera pengintai (CCTV).

”Kapolda sudah memberikan atensi agar kami waspada,” ucap Kepala Polrestro Tangerang Kota Komisaris Besar Tavip Yulianto.

Fasilitas publik juga menjadi target utama pengamanan polisi. Di Terminal 1 Bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng, Tangerang, misalnya, terlihat polisi bersenjata lengkap berpatroli.

Para camat juga sudah bergerak. Camat Menteng, Jakarta Pusat, Efri, misalnya, sudah berkoordinasi dengan musyawarah pimpinan kota dan kecamatan. Siskamling atau ronda bekerja sama dengan polisi, satpam, dan satpol PP sampai tingkat RT/RW juga telah dilakukan. ”Pengamanan harus ketat,” kata Efri. (NEL/PIN)***

Source : Kompas, Minggu, 17 April 2011

0 komentar:

Posting Komentar

 

My Blog List

JASA PENGIRIMAN UANG

Site Info

Followers/Pengikut

PENDOPO INDRAMAYU Copyright © 2009 Blogger Template Designed by Bie Blogger Template