CARI BERKAH KLIK DI SINI

15 Januari 2015

Indramayu : Hari Ini 171 Kuwu Terpilih Dilantik

Kamis, 15 Januari 2015
PENDOPO INDRAMAYU ONLINE

Ilustrasi – Suasana Pemilihan Kuwu desa Kenanga, Kecamatan Sindang, Kabupaten Indramayu pada 10 Desember 2014. Tampak para calon Kuwu terkesan “tegang” mengadu nasib dalam pesta demokrasi di desanya.(Satim)*** Foto : Satim/Pendopo Indramayu Online
Hari Ini 171 Kuwu Terpilih Dilantik
INDRAMAYU, PENDOPO INDRAMAYU ONLINE Hari ini, Kamis (15/1/2015), sebanyak 171 Kuwu (Kepala Desa) terpilih pada Pemilihan Kuwu 10 Desember 2014 lalu, dilantik di Pendopo Pemerintah Kabupaten Indramayu, Provinsi Jawa Barat. Suasana pelantikan berlangsung khidmat dan kondusif, meski dibanjiri ribuan para pendukung kuwu masing-masing yang memadati halaman Pendopo Bupati Indramayu.

            Palantikan 171 Kuwu itu dilakukan Bupati Indramayu, Hj. Anna Sophanah yang dihadiri unsur Muspida, para Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), unsur Muspika dan para undangan.

            Bupati Anna berpesan, agar para Kuwu mampu menjalankan amanah rakyat yang memilihnya. “Sehingga, desa yang dipimpinnya bisa menjadi desa yang lebih maju lagi, kondusif dan mandiri,” katanya.

            Sementara Kepala Bagian Otonomi Desa (Kabag Otdes) Setda Kabupaten Indramayu, Drs. Wasga Ciptowibowo sehari sebelum pelantikan 171 Kuwu itu, mengatakan, acara pelantikan Kuwu diharapkan kondusif dan menjadi catatan bersejarah bagi para kuwu yang dilantik, termasuk mampu memberikan kesan yang positif bagi warga yang mengikuti acara pelantikan.

Dijaga Ketat dan Dihibur

      Acara penatikan 171 Kuwu itu dijaga ketat oleh sejumlah aparat kepolisian dari berbagai arah yang menunju ke Pendopo Bupati Indramayu. Sejumlah kendaraan penghalau aksi massa juga disiagakan di halaman depan Alun-alun Pemerintah Kabupaten Indramayu, serta di jalan Wiralodra yang berada di samping pendopo.

            Meski demikian, para undangan dihibur dengan alunan kesenian daerah laras pelog yang menampilkan tayuban. Sinden (penyanyi) terus-mnerus menyebut nama para penyawer yang mau merogoh koceknya. Acara hiburan ini rupanya untuk memeriahkan acara pelantikan kuwu, sambil menunggu para kuwu keluar dari halaman belakang pendopo Bupati seusai bersilaturahmi dengan Bupati Anna Sophanah.

Catatan Pendopo Indramayu Online, suasana pelantikan itu tampaknya akan sangat berbeda ketika mereka duduk di kursi panas pemiliha kuwu yang digelar pada 10 Desember 2014 lalu. Kesan tradisional dan mengacu pada adat desa setempat yang kadang mengandung unsur mistis, adalah suasana yang dialami di semua Pemilihan Kuwu di Kota Mangga. (Satim)*** 

0 komentar:

Posting Komentar

 

My Blog List

JASA PENGIRIMAN UANG

Site Info

Followers/Pengikut

PENDOPO INDRAMAYU Copyright © 2009 Blogger Template Designed by Bie Blogger Template