CARI BERKAH KLIK DI SINI

13 Januari 2016

Dinas Pertanian Indramayu “Kelimpungan”


Rabu, 13 Januari 2016
PENDOPO INDRAMAYU ONLINE
Dinas Pertanian Indramayu “Kelimpungan”
·         “Ngemis” ke Pusat Cuma Dikasih Sedikit
PERLU DIBENAHI – Hamparan sawah seusai dipanen beberapa waktu lalu di Desa Panyindangan Wetan, Kecamatan Sindang, Kabupaten Indramayu, Provinsi Jawa Barat, terlihat masih perlu dibenahi infrastrukturnya, terutama jaringan irigasinya banyak yang rusak.(Foto : Satim)***
Indramayu, PENDOPO INDRAMAYU ONLINE
            MEMASUKI tahun 2016 ini, pihak Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Indramayu, Provinsi Jawa Barat, kabarnya tengah “kelimpungan”. Ini lantaran “Ngemis” Dana Alokasi Khusus (DAK) ke Pemerintah Pusat, konon, cuma diberi sedikit.
Tak heran, jika dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Indramayu tahun 2016 DAK tertulis baru Rp 8,3 Miliar. Jumlah ini kabarnya turun drastis jika dibanding tahun 2014 yang mencapai Rp 56 Miliar.
Sementara diperoleh keterangan, pembangunan infrastruktur sektor pertanian di Kota Mangga itu. Konon, membutuhkan dana puluhan Miliar.
Itulah yang kemudian membuat Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Indramayu, Ir. H. Firman Muntako memprotes Pemerintah Pusat, beberapa waktu lalu.
“Karena cuma dikasih DAK sedikit, jelas kami memprotes Pemerintah Pusat. Kami sudah mengusulkan kembali, agar Pusat menggelontorkan uang DAK lebih besar lagi,” kata Firman kepada wartawan, beberapa waktu lalu.
Alasan protesnya, karena dana yang akan digunakan untuk perbaikan dan pembangunan infrastruktur sektor pertanian di Indramayu butuh dana lebih besar lagi.
Ia berdalih, sekitar 60 persen infrastruktur pertanian di Kabupaten Indramayu mengalami rusak parah. Selain itu, perlu pula sejumlah embung atau penampungan air baku untuk pertanian di sejumlah tempat.
Firman merasa heran, Indramayu hanya dapat DAK sedikit. Sedangkan beberapa daerah lainnya seperti Cirebon, Majalengka, dan Kuningan jauh lebih besar. Akhirnya Firman melaporkan kondisi kucuran duit DAK yang hanya sedikit itu kepada Bupati Indramayu, Hj. Anna Sophanah sebelum digelarnya Pilkada serentak tahun 2015 lalu. Dalam Pilkada yang digelar pada 9 Desember 2015, Hj. Anna Sophanah yang duet dengan wakilnya, H. Supendi menang kembali dalam pertarungan suara rakyat itu. Meski keputusan pelantikannya masih menunggu putusan Mahkamah Konstitusi (MK), karena lawannya Toto-Rasta (Tora) mengajukan gugatan ke MK.
Pantuan Pendopo Indramayu Online, sejumlah jaringan irigasi pertanian di Indramayu masih banyak yang mengalami rusak parah. Selain itu, masyarakat juga masih kesulitan dalam memperoleh air baku untuk pertanian, sehingga berharap segera terbangunnya sejumlah embung di berbagai tempat.
 Sedangkan luas lahan pertanian dalam hitungan di atas kertas pihak Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Indramayu, saat ini luas sawah yang ada 117.952 hektar.(Satim)***

0 komentar:

Posting Komentar

 

My Blog List

JASA PENGIRIMAN UANG

Site Info

Followers/Pengikut

PENDOPO INDRAMAYU Copyright © 2009 Blogger Template Designed by Bie Blogger Template