CARI BERKAH KLIK DI SINI

26 Desember 2011

Aktivis Cirebon Somasi P3C

Senin, 26 Desember 2011 - 01:37:21 WIB

PENDOPO INDRAMAYU ONLINE

Aktivis Cirebon Somasi P3C

KEJAKSAN, KC, PENDOPO INDRAMAYU ONLINE - Sejumlah aktivis Cirebon yang tergabung dalam Forum Diskusi Kapten Damsur bakal mengajukan somasi kepada Presidium Pembentukan Provinsi Cirebon (P3C). Somasi diajukan pada Selasa (27/12/2011). Sedianya somasi diajukan Senin (26/12/2011) hari ini, namun karena masih cuti bersama akhirnya ditunda sehari.

Mereka akan mengajukan gugatan pidana dan perdata kepada P3C bila somasi yang diajukan tidak ditanggapi. Pengajuan somasi merupakan salah satu pernyataan sikap yang disepakati dalam diskusi yang diikuti belasan aktivis Cirebon di rumah Agus Prayoga di Jln. Kapten Damsur, Sabtu (24/12/2011) lalu.

Sejumlah aktivis menuduh P3C yang dimotori Nana Sudiana telah melakukan kebohongan publik, sehingga harus segera dihentikan. Menurut praktisi hukum, Agus Prayoga, somasi terpaksa diajukan karena P3C sudah sangat keterlaluan membohongi publik.

"Kami sepakat untuk segera menghentikan sepak terjang P3C yang mulai keterlaluan membohongi publik. Kami akan bongkar semua kebohongan yang dilakukan P3C," tegas Agus.
Sejumlah kebohongan itu, menurut budayawan Nurdin M. Noer, adalah data-data yang disiarkan sebagai hasil penelitian P3C. "Data jumlah dukungan, pertama P3C mengklaim 96 persen, bulan berikutnya turun menjadi 76 persen. Ini kan aneh, kalau memang hasil survei tidak akan berubah-ubah," katanya.

Kemudian, data penelitian versi P3C soal pendapatan asli daerah (PAD) hasil minyak dan gas yang dikatakan bakal didapat oleh Provinsi Cirebon mencapai Rp 35,9 triliun dan non migas Rp 64,5 triliun.

Menurut Nurdin, data-data itu menyesatkan dan merupakan kebohongan publik yang kedua. "Berdasarkan laporan Kemenkeu tahun 2011 saja, PAD 33 provinsi di Indonesia total Rp 87,5 triliun dan APBD Provinsi Jabar Rp 9,8 triliun," ungkapnya.

Sedangkan, Rafi yang mewakili Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Kelurahan Sukapura mensinyalir, data-data dukungan yang diklaim P3C hanya salinan dari data pemilih saat ajang pemilihan kepala daerah.

Klaim P3C yang dinilai sangat keterlaluan adalah Provinsi Cirebon
bakal terealisasi April 2012. "Kami tidak bisa tinggal diam dengan sepak terjang P3C yang sudah keterlaluan. Kami-kami ini tahu persis, kalau data mereka adalah hanya klaim semua," kata Agus Prayoga yang menggagas diskusi tersebut.

Sementara itu Ketua Umum P3C, Nana Sudiana yang dikonfirmasi mempersilahkan bila ada pihak-pihak yang mau menggugat P3C. "Tapi yang penting dasar hukum gugatan itu harus jelas, siapa dan substansinya apa," lanjutnya.

Terkait tudingan kebohongan publik dan manipulasi data, Nana mengemukakan, tudingan itu tidak berdasar. Nana bahkan menyatakan kesiapannya untuk debat terbuka dengan siapa saja yang meragukan hasil survei dan penelitian P3C.(C-20)*** Foto : KC

0 komentar:

Posting Komentar

 

My Blog List

JASA PENGIRIMAN UANG

Site Info

Followers/Pengikut

PENDOPO INDRAMAYU Copyright © 2009 Blogger Template Designed by Bie Blogger Template