CARI BERKAH KLIK DI SINI

12 Maret 2010

Beratnya Beban Pendidikan Mencuat di RKC Sindang

Kebutuhan Pendidikan Masih Dominasi RKC Sindang

TANGGAPI KELUHAN – Sekmat Indra Mulyana, AP, MSi menanggapi permasalahan warganya dalam RKC Sindang, di aula kantor setempat, Jum’at (12/3) pelita/ck-102

Indramayu, Pelita

Selama bergulir program Rakyat Ketemu Camat (RKC) yang berlangsung setiap hari Jum’at, permohonan akan kebutuhan pendidikan masih mendominasi di kalangan masyarakat.

Salah satunya, RKC yang berlangsung di aula Kantor Kecamatan Sindang, Jum’at (12/3).

Disela-sela kesibukannya, Camat Sindang, Drs H Bastoni, MSi melalui Sekrearis Camat (Sekmat), Indra Mulyana, AP, MSi menilai, meskipun kebutuhan para pemohon cukup beragam, akan tetapi permohonan bantuan pendidikan yang diajukan masih mendominasi pertemuan RKC.”Dari sepuluh orang pemohon yang mengikuti RKC, sebagian besar mengajukan bantuan keperluan sekolah anak-anaknya,”bebernya.

Kata Indra, rata-rata kebutuhan pendidikan yang diperlukan selain untuk perlengkapan sekolah, seperti seragam, sepatu, buku tulis maupun buku pelajaran, tas sekolah, keinginan ingin memiliki alat transportasi sepeda juga merupakan agenda pengajuan para pemohon.”Alhamdulillah, berkat adanya sikap gotong royong yang dilakukan jajaran di lingkungan Kecamatan Sindang maka semua kebutuhan tersebut mampu terakomodir dengan baik,”ujarnya.

Disimpulkan Indra, menurut data versi Badan Pusat Statistik (BPS) Indramayu tahun 2008, dari sekitar 49 ribu jumlah masyarakat Sindang terdapat sedikitnya 17.688 KK kategori gakin.”Sejak digulirkannya RKC, jajaran UPTD maupun instansi terkait yang berada di lingkungan Kec.Sindang selalu tanggap dengan berbagai kebutuhan yang diajukan para pemohon dan telah ditangani sesuai dengan kapasitasnya masing-masing ”tandas Indra.

Menurutnya, untuk mengoptimalkan RKC ini maka perlu adanya peningkatan dari para donatur, baik secara kuantitas maupun kualitas sehingga penerapan bantuan yang diberikan melalui jasa para donatur itu dapat berjalan dan menyentuh sasaran.”Dana bantuan itu, bersumber dari hasil zakat profesi jajaran kecamatan serta bantuan pihak lain dalam bentuk swadaya yang tidak mengikat,”terang Indra.

Dikatakannya, berkat adanya kerjasama antara pihak muspika Sindang dengan Dinas Koperasi UKM Indramayu, sejauh ini telah dapat memberikan dana bantuan modal usaha terhadap sejumlah pemohon yang diberikan bervariasi dari Rp.500 ribu-Rp.1 juta.”Pemberian itu melalui hasil survei dan disesuaikan dengan kebutuhan modalnya,”ujar Indra. Seraya berharap, program RKC diharapkan mampu berlanjut hingga mampu menekan jumlah angka gakin yang ada.(ck-102)***

0 komentar:

Posting Komentar

 

My Blog List

JASA PENGIRIMAN UANG

Site Info

Followers/Pengikut

PENDOPO INDRAMAYU Copyright © 2009 Blogger Template Designed by Bie Blogger Template