CARI BERKAH KLIK DI SINI

23 Agustus 2010

Anna-Supendi Menang di Tiap Kecamatan

Anna-Supendi Menang di Tiap Kecamatan

INDRAMAYU - Kekuatan tim sukses pasangan calon bupati dan wakil bupati Indramayu Anna Sophanah-Supendi terbukti dengan kemenangan mereka di semua kecamatan. Mesin politik pasangan ini mampu menggerakkan semua pendukung dan simpatisan untuk menggunakan hak suaranya.

Berdasarkan hasil akhir penghitungan cepat suara sementara pemilihan umum kepala daerah Kabupaten Indramayu yang dilakukan KPU Indramayu, Sabtu (21/8), pasangan Anna-Supendi merajai perolehan suara. Mereka memperoleh 510.215 (60,81 persen) suara dari 838.984 suara yang dianggap sah.

Pasangan Uryanto Hadi-Abas Abdul Jalil di posisi kedua dengan 124.449 (14,83 persen) suara. Gorry Sanuri-Ruslandi mendapat 94.826 (11,30 persen) suara. Perolehan suara tiga pasangan perseorangan ialah Api Karpi-Rawita 44.988 suara, Mulyono Martono-Handaru WK 17.565 suara, dan Toto Sucartono-Kasan Basari 45.941 suara. Data ini berdasarkan hasil rapat pleno Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) di setiap kecamatan.

Nara Sardiman, Sekretaris Media Centre KPU Indramayu, mengatakan, pasangan nomor empat menang di 31 kecamatan. Namun, ada beberapa desa dan tempat pemungutan suara (TPS) yang dimenangi pasangan lain. "Perolehan suara pasangan Anna-Supendi tertinggi di semua kecamatan," kata Nara.

Kecamatan yang menyumbang suara tertinggi untuk mereka adalah Bongas (76 persen), Tukdana (73 persen), Cikedeng (69 persen), dan Haurgeulis (68 persen). Di kecamatan lain, perolehan suara pasangan ini tetap mendominasi dengan rata-rata di atas 60 persen. Menanggapi kemenangan ini, Anna mengaku bersyukur sebab itu menjadi bukti bahwa masyarakat Indramayu memercayainya menjadi pemimpin lima tahun ke depan.

Menurut dosen Ilmu Pemerintahan Universitas Wiralodra, Nanang Carsana, kemenangan Anna yang merata di seluruh kecamatan merupakan kerja tim suksesnya. Mereka mampu menggerakkan masyarakat pendukung Anna-Supendi untuk menggunakan hak suara. Hal itu berbeda dengan tim sukses pasangan calon lain yang kurang berhasil mengajak pendukung memilih pada hari pencoblosan.

"Tim sukses ini berhasil mengajak pendukung Anna memilih, khususnya kaum perempuan dan ibu-ibu PKK yang mendukung pasangan Anna-Supendi," ujar Nanang.

Faktor terkuat

Selain itu, sosok suaminya, Irianto MS Syafiuddin (Yance), masih kuat dan dianggap berhasil oleh masyarakat. Maka, saat istri bupati mencalonkan menjadi bupati, masyarakat antusias memilihnya. Pengaruh Yance merupakan faktor terkuat kemenangan Anna-Supendi.

KPU Indramayu akan merekapitulasi hasil penghitungan suara seluruh PPK di Indramayu secara manual mulai Selasa (24/8).

Sekretaris KPU Indramayu Ivan Carsipan mengatakan, semua berita acara penghitungan suara dari 31 PPK telah diterima KPU, tepat jadwal.

"Jika ditemukan ketidaksesuaian data antara data yang dibacakan dan yang dimiliki saksi, hal itu boleh disanggah dan dicari penyebab perbedaannya," ujar Ivan.

Diperkirakan butuh waktu dua hari untuk menyelesaikan penghitungan manual ini. Jika hasilnya disetujui semua pihak, KPU akan menetapkan dan mengumumkan pasangan calon yang terpilih menjadi bupati dan wakil bupati pada 27-29 Agustus. (THT)***

Source : Kompas, Senin, 23 Agustus 2010 | 13:55 WIB

0 komentar:

Posting Komentar

 

My Blog List

JASA PENGIRIMAN UANG

Site Info

Followers/Pengikut

PENDOPO INDRAMAYU Copyright © 2009 Blogger Template Designed by Bie Blogger Template